Senin, 05 September 2016

Batu Ginjal Gejala, Diagnosis, Pengobatan dan Pencegahannya

Gejala Penyakit batu ginjal nefrolitiasis menyebabkan kondisi ketika materai karas menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. meterial yaitu berasal dari zat-zat limbah di dalam darah yang di saring oleh ginjal yang kemudian mengenap dan mengkristal waktu. Penyakit Batu ginjal terbentuk akibat penumpukan dan pengerasan meneral dan asam garam di dalam ginjal.

Penyebab penyakit batu ginjal dialami oleh orang-orang yanag beruia 30-60 tahun. Diperkirakan 10 persen wanita dan 15 pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka. Endapan batu di dalam ginjal bisa mengakibatkan oleh makanan dan masalah kesehatan lain yang mendasari. Berdasarkan batu ginjal di bagi menjadi empat, ialah batu kalsium, batu asam urat, batu struvit batu sistin.

Penyakit Batu Ginjal Gejala, Diagnosis, Pengobatan dan Pencegahannya

Gejala batu ginjal biasa penyebabkan penderitaanya jika batu ginjal berukuran sangat kecil sehingga bisa keluar dari tubuh secara alami melalui ureter dengan mudah. Ureter adalah saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih.

Batu ginjal yaitu baru terasa jika batu berukuran besar dari diameter saluran ureter. Batu yang besar akan bergeseran dengan lapisan dinding ureter sehingga mempengaruh iritasi dan besar akan bergeseran dengan lapidan dinding ureter sehingga mengkibatkan irintasi dan bahkan luka. Oleh sebab itu, urine kadang bisa mengandung darah. Selain mengiritasi ureter, batu ginjal juga bisa tersangkut dalam ureter atau uretra saluran akhir pembangan urine sehingga terjadi akumulasi bakteri dan bisa menyebabkan pembengkakan akibat. Gejala batu ginjal yang bisa muncul apabila batu bergesekan dengan uterer adalah nyeri pada pinggang, perut bagian bawah atau sampinga, dan selangkangan yang dapat menyebabkan mual.

gejala bisa dirasakan jika penderita batu ginjal urine tampak keruh berbau tidak sedap, badan lemas,mengigil, badan lemas mengigil, dan demam tinggi.


Penderita Batu Ginjal Di Indonesia
Menurut kementerian kesehatan indonesia (kemenkes) pada tahun 2013,diperkirakan prevalensi penderitaan yang terdiagnosa batu ginjal untuk umur  di atas 15 tahun sebesar 0,6 persen dari total penduduk indonesia. Lima provinsi yang menduduki posisi tertinggi masalah penyakit batu ginjal di antaranya adalah DI Yogyakarta, Aceh,Jawa Tenggah, dan Sulawesi Tengah.

Diagnosis Batu Ginjal
Penggaruh batu ginjal , biasanya pertama-tama dokter akan menanyakan pada pasien menganai seputar gejala-gejala yang telah di alami. Dokter bisa menanyakan pasien apakah sudah memderikan batu ginjal asebelumnya, memiliki riwayat keluarga berpenyakit sama, atau apakah pasein sering mengosumsi makan suplemem bisa memincu terbentuknya batu ginjal.

Dokter biasa biasanya melakukan sejumlah tes untuk memperkuat bukti. Tes-tes tersebut bisa berupa bisa pemeriksan darah dan pemindaian.

Pengobatan Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal berpenggaruh tergantung kepada ukuran dari batu. Jika ginjal masih tergolong kecil atau menengah, serta masih dapat melewati saluran kemih tanpa harus dilakukan secara operasi, Biasanya dokter akan menyarankan pasien untuk minum air putih saja sesuai takaran di sarankan. aliran cairan secara terus-menerus , diharapkan oleh pasien cukup menggu, biasa dokter cukup meresepkan obat rasa sakit, misal nya acetaminophen, ibuprofen atau obat anti radang no steroid.

Penanganan batu ginjal yang dengan produser khusus misalnya dengan energi laser, ultrasound, atau operasi biasanya acetaminiphen,ibuprofen atau obat anti radang non steroid

Pencegah Batu Ginjal
Cara mencegah batu ginjal sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu minum cukup air putih tiap hari da membatasi konsumen makanan, minum, atau supleman yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabakan terbantuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium, dan protein hewani.

Dengan meminum air membatasi asupan zat-zat tertentu, batu ginjal juga bisa dilakukan mengisumsi obat-obatan yang di resepkan oleh dokter. Biasanya ini bisa dianjurkan mencegah kambuh lagi mereka yang sebelumnya pernah menderita batu ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar